Saturday, May 1, 2021

Desa Wisata Jatimulyo Girimulyo Kulon Progo

Desa wisata Jatimulyo terletak di kawasan Pegunungan Menoreh, tepatnya di Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo memiliki ketinggian 500-800 mdpl. Desa Wisata Jatimulyo merupakan salah satu desa yang masih menganut kebudayaan jawa yang kuat. 

Setiap bulan Sapar diadakan Merti Dusun Jatimulyo suatu upacara adat yang sarat dengan kearifan lokal. Untuk menuju Desa Wisata Jatimulyo dibutuhkan waktu 45 menit dari pusat kota Wates. Wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan rental untuk menuju ke Desa Wisata Jatimulyo.

Desa Wisata Jatimulyo Girimulyo Kulon Progo

Potensi Desa Wisata Jatimulyo Girimulyo

Desa wisata Jatimulyo menawarkan berbagai wisata budaya dan wisata alam untuk wisatawan. Wisatawan dapat mencoba susur gua Kiskendo dan gua Sumitra. Selain itu, wisatawan dapat menyaksikan sendratari Sugriwa Subali yang merupakan legenda khas gua Kiskendo. Obyek wisata yang terdapat di Desa Wisata Jatimulyo yakni Gua Kiskendo, Gua Sumitra, Curug Setawing, Grojogan Sewu, Watu Blencong, Gunung Lanang, Ekowisata Taman Sungai Mudal, Kembangsoka, Kedung Pedut, dan Watu Bolong. Selain itu, Wisatawan dapat bermalam sembari menikmati nuansa alam desa Jatimulyo di Omah Watu Blencong dan homestay-homestay milik warga.

Desa Wisata Jatimulyo Girimulyo Kulon Progo

Paket Wisata Desa Jatimulyo Girimulyo

Desa wisata Jatimulyo juga menyediakan paket wisata yang dapat dipesan untuk wisatawan rombongan, maupun wisatawan tunggal. Paket wisata tersebut diantaranya, Paket Live In, Paket Atraksi yang terbagi menjadi Paket Budaya dan Paket Outbound, Paket Jelajah Wisata Jatimulyo, Paket One Day Tour (Bird Watching, budidaya madu lanceng, pembuatan gula jawa, edukasi kopi, trekking ke Kembangsoka atau Ekowisata Sungai Mudal) dan Paket Camping Ground.